Materi
1. Mengapa Perlu Belajar Programming?
Belajar pemrograman memiliki banyak manfaat, terutama di era teknologi seperti sekarang. Beberapa alasan mengapa kamu perlu belajar programming antara lain
- Memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang teknologi dan bagaimana hal-hal di sekitar kita bekerja.
- Meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah dan logika.
- Memberikan kesempatan untuk berkembang
dalam karir di bidang teknologi.
2. Bagaimana Belajar Programming?
Jika kamu tertarik untuk belajar pemrograman, ada beberapa langkah yang
bisa kamu ikuti:
- Tentukan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari. Dalam artikel ini, kita akan fokus pada Scratch.
- Cari sumber belajar yang baik, seperti
buku, kursus online, atau tutorial video.
- Praktikkan pemrograman secara aktif
dengan membuat proyek-proyek kecil.
- Jangan takut untuk mencoba dan membuat
kesalahan. Belajar dari kesalahan adalah bagian penting dari proses belajar
pemrograman.
Scratch
Membuat Akun
Sebelum kamu bisa menggunakan Scratch, pertama-tama kamu perlu membuat akun di situs resmi Scratch (scratch.mit.edu). Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah yang tertera di website tersebut.
Apa itu Scratch coding?
Scratch adalah platform pengkodean berbasis blok gratis yang memungkinkan Anda membuat permainan, cerita, dan animasi Anda sendiri. Di Scratch, Anda dapat memprogram berbagai jenis proyek, seperti Magic Pen, Wizard Tag Game, Geometry Dash , Basketball Game , Pacman , atau Snake. Scratch dirancang untuk siswa berusia 8-16 tahun, tetapi dapat digunakan oleh semua orang.
Kode gores
Scratch
CODE adalah studio daring tempat siapa pun dapat
menambahkan proyek apa pun yang mereka buat dengan Scratch. Anda juga dapat
menjelajahi proyek yang dibagikan oleh anak-anak lain, dan bahkan dapat
mengomentarinya.
Bagaimana cara belajar coding dengan
Scratch?
Di
sini kita akan mulai mempelajari coding Scratch dalam beberapa langkah
sederhana. Anda juga dapat mengikuti video YouTube kami.
1. Mulai proyek baru
Untuk
membuat kode di Scratch, pertama-tama buka halaman Scratch di MIT .
Selanjutnya, klik tombol “create” untuk membuat proyek baru. Anda akan melihat
layar seperti ini:
2. Seret blok kode
Blok
kode berada di sisi kiri layar. Untuk membuat kode, klik dan seret blok ke
ruang tengah yang besar. Di Scratch, karakter dan objek disebut
"sprite". Anda dapat menambahkan atau menghapus sprite sebanyak yang
Anda inginkan. Setiap kali Anda menambahkan sprite, sprite tersebut akan muncul
di panggung.
3. Klik pada sprite untuk membuat kode
untuk mereka
Klik setiap sprite untuk membuat kode untuk sprite tertentu. Ada ratusan sprite seru yang dapat dipilih. Baik itu pemain sepak bola, kupu-kupu, atau balerina, siswa kami dalam kursus Scratch Ninja tidak pernah berhenti membuat kami takjub dengan pilihan kreatif dan alur cerita mereka.
Untuk membuat kode, Anda dapat menyeret blok kode dari sisi kiri dan menghubungkannya. Setiap sprite, serta latar belakang, akan memiliki kodenya sendiri.
Blok-blok ini
dapat membuat sprite bergerak, mengeluarkan suara, dan berubah warna. Dan
ketika dihubungkan bersama-sama membentuk serangkaian tindakan untuk membangun
game, animasi, dan proyek lainnya.
4. Perhatikan kode Anda berjalan
Setelah
Anda membuat kode proyek, Anda dapat mengklik Bendera Hijau untuk melihat kode
Anda dijalankan di Panggung.
Jika Anda
ingin menyimpan atau membagikan proyek Anda, pastikan proyek tersebut disimpan
di bawah akun Anda. Jika Anda sudah memiliki akun, klik "Log In".
Jika Anda perlu membuat akun, klik "Join Scratch" dan ikuti
petunjuknya (pastikan Anda ditemani oleh orang tua!).
Cara melakukan pemrograman Scratch
dengan blok kode dasar
Ada
banyak jenis balok di Scratch dan kami selalu bersemangat untuk mengetahui
balok mana yang menjadi favorit siswa kami.
Perhatikan
bagaimana sebagian besar balok dibentuk dengan lekukan khusus di bagian atas
dan bawah; ini agar balok-balok tersebut dapat saling terhubung! Berikut ini
adalah beberapa balok yang paling penting:
Blok acara di Scratch
Blok berwarna kuning ini memiliki bentuk khusus, dengan tonjolan di bagian atas. Blok ini adalah "blok awal", yang berarti blok ini harus berada di bagian atas setiap potongan kode yang kita buat. Blok ini memberi tahu kita kapan kode akan dijalankan.

Cara
kerjanya: Jalankan kode saat tombol ditekan. Gunakan menu tarik-turun untuk
memilih tombol yang Anda inginkan!
Cara kerjanya: Jalankan kode saat sprite diklik.
Blok gerak gores
Blok
berwarna biru ini memungkinkan sprite Anda bergerak, berputar, dan meluncur.
Cara
kerjanya: Blok ini memungkinkan Anda untuk menggerakkan sprite Anda. Blok ini
akan bergerak ke arah yang dituju sprite Anda.
Cara
kerjanya: Blok ini memungkinkan Anda memutar sprite ke kanan atau ke kiri.
Cara
kerjanya: Blok ini memungkinkan sprite Anda "melompat" ke suatu
posisi. Anda dapat mengeklik menu tarik-turun untuk melihat berbagai pilihan!
Cara
kerjanya: Blok ini memungkinkan sprite Anda meluncur dengan mulus melintasi
layar ke posisi yang Anda pilih.
Cara
kerjanya: Blok ini memungkinkan Anda menyesuaikan arah menghadap sprite Anda.
Cobalah
gabungkan blok gerakan dengan blok peristiwa untuk melihat apa yang terjadi!
Terlihat blok
Blok
berwarna ungu ini mengubah penampilan sprite Anda.
Cara
kerjanya: Blok-blok ini mengubah ukuran sprite Anda.
Cara
kerjanya: Blok-blok ini akan mengubah warna sprite Anda. Gunakan menu
tarik-turun untuk melihat efek-efek seru lainnya!
Cara
kerjanya: Blok-blok ini akan membuat gelembung ucapan atau pikiran untuk sprite
Anda, dengan teks dalam blok kode.
Loop - Kontrol aliran kode Scratch Anda
Blok-blok
ini ditemukan di bagian "kontrol", berwarna jingga. Seperti blok
peristiwa, blok-blok ini juga memiliki bentuk khusus. Perulangan memungkinkan
operasi dan pengulangan terus-menerus.
Cara
kerjanya: Perulangan forever akan terus menjalankan kode, selama program Anda
berjalan. Perhatikan bahwa perulangan forever tidak memiliki lekukan di bagian
bawah. Ini karena perulangan akan terus berjalan selamanya, jadi tidak ada yang
ditambahkan di bawahnya yang akan berjalan!
Cara
kerjanya: Perulangan ini memungkinkan Anda menentukan berapa kali Anda ingin
menjalankan kode.
Suara - Blok untuk mengaktifkan sprite
“berbicara” dan banyak lagi
Bagian
ini memungkinkan Anda untuk menambahkan suara ke program Anda. Setiap sprite
memiliki suara yang berbeda, tetapi Anda juga dapat menambahkan suara Anda
sendiri dari "tab suara". Misalnya, buat sprite anjing Anda
menggonggong atau merekam beberapa suara agar ia "berbicara".
Cara
kerjanya: Blok ini akan mulai memutar suara. Semua blok kode di bawah ini akan
berjalan saat suara Anda diputar.
Cara
kerjanya: Akan memutar suara hingga selesai. Semua blok kode di bawah ini akan
berjalan setelah suara selesai.
Jelajahi contoh & tutorial kode
Scratch
Scratch
adalah program luar biasa dari MIT yang dapat membantu anak-anak belajar cara
membuat kode. Namun, program ini mungkin sedikit membingungkan pada awalnya,
jadi akan sangat membantu jika anak-anak memiliki proyek sederhana untuk
diselesaikan sembari mempelajari seluk-beluk platform ini. Oleh karena itu,
kami telah menyusun beberapa contoh kode Scratch dan tutorial yang menyenangkan
untuk anak-anak yang akan membantu mereka menguasai Scratch dan siap untuk
mengerjakan proyek yang lebih sulit di masa mendatang.
1. Latihan Scratch untuk pemula yang menyenangkan
Temukan
tantangan seru yang melibatkan terbang, perubahan warna, suara, dan banyak
lagi! Selesaikan dengan panduan langkah demi langkah.
Cobalah
lima tantangan Scratch untuk pemula yang mencakup konsep yang lebih canggih
seperti loop, variabel, dan ekstensi Scratch. Baca terus untuk menemukan
tantangan yang menyenangkan termasuk penerjemah dan permainan berbasis cerita!
Dalam
tutorial ini, Anda akan mempelajari cara membuat game Mario di Scratch. Super
Mario Bros, yang dirilis pada tahun 1985, bisa dibilang merupakan salah satu
video game terpopuler sepanjang masa, dan contoh nyata tidak hanya dari seluruh
waralaba Mario, tetapi juga Nintendo secara keseluruhan. Super Mario Bros
termasuk dalam genre game arcade yang sangat populer: Side-Scrolling
Platformer.
4. Cara membuat game menyeberang jalan di Scratch
Cari
tahu cara membuat game Menyeberang Jalan yang mudah di Scratch. Dalam game ini,
tujuannya adalah membawa karakter Anda menyeberangi jalan yang ramai tanpa
tertabrak. Jika Anda berhasil menyeberang tanpa cedera, Anda menang!
Lihat
cara membuat labirin di Scratch dengan tutorial gratis ini. Kita akan mulai
dari awal dan menunjukkan cara membuat labirin Anda sendiri, mengendalikan
jalan keluar karakter dari labirin dengan tombol panah, dan bahkan menyesuaikan
labirin dengan tema yang berbeda.
Cobalah lebih
banyak lagi proyek kode Scratch .
Buat proyek Scratch baru dengan bantuan
AI
Bahasa
Indonesia: Salah satu tantangan terbesar bagi anak-anak yang menikmati Scratch
coding adalah mengubah ide-ide kreatif tingkat tinggi mereka menjadi
proyek-proyek nyata, karena proses ini tidak hanya membutuhkan pengetahuan
coding tingkat lanjut tetapi juga keterampilan pemecahan masalah dan
perencanaan eksekutif. Scratch
Project Generator kami, didukung oleh AI tingkat lanjut, adalah
alat menarik yang dirancang untuk membantu siswa mewujudkan ide-ide mereka. Ini
membantu menyempurnakan ide-ide proyek, memberikan panduan langkah demi
langkah, menawarkan kode contoh, dan bahkan membuat gambar khusus untuk
menyempurnakan proyek mereka. Apakah anak Anda mengembangkan permainan,
animasi, atau cerita interaktif, generator mendukung mereka di setiap langkah.
Ini adalah cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah,
membangun kepercayaan diri dalam coding, dan menikmati pengalaman belajar
kreatif langsung.
Lihatlah
contoh kerangka proyek yang dibuat oleh siswa lain, lalu bermitra
dengan AI untuk membuat proyek Scratch baru yang dibangun
berdasarkan ide Anda sendiri!
Beginilah cara Anda belajar membuat kode dengan Scratch
Selesai!
Pengodean Scratch menyenangkan dan mudah. Ada banyak kemungkinan bagi anak Anda
untuk berkreasi dengan Scratch. Anak Anda dapat belajar lebih dari sekadar
dasar-dasar dalam kursus pengodean Scratch kami yang telah
memenangkan penghargaan . Bahkan ada kursus pengantar gratis sehingga tidak ada
risiko dalam mencoba.
0 komentar:
Posting Komentar