1. Dekomposisi (Memecah masalah)
Soal: Kamu diminta untuk membuat aplikasi jadwal pelajaran sekolah. Uraikan langkah-langkah (dekomposisi) untuk menyelesaikan masalah tersebut!
2. Pengenalan Pola
Soal: Amati data berikut ini:
-
Senin: Matematika, IPA, Bahasa Indonesia
-
Selasa: Matematika, IPS, Bahasa Indonesia
-
Rabu: Matematika, IPA, Bahasa Inggris
Apa pola yang kamu temukan dari data di atas?
3. Abstraksi
Soal: Dari aktivitas memasak mie instan, sebutkan informasi atau langkah-langkah apa saja yang tidak penting jika kamu ingin membuat algoritma umum tentang "memasak mie".
4. Algoritma (Urutan langkah)
Soal: Buatlah algoritma dalam bentuk pseudocode sederhana untuk memeriksa apakah suatu bilangan genap atau ganjil.
5. Kombinasi Semua Konsep
Soal: Seorang siswa ingin membuat program pengingat jadwal belajar. Jelaskan bagaimana berpikir komputasional dapat membantunya dalam:
-
a) Memahami masalah
-
b) Menyusun solusi
6. Soal Cerita – Dekomposisi
Soal: Dinda ingin mengatur ulang kamar belajarnya agar lebih nyaman digunakan. Gunakan konsep dekomposisi untuk menguraikan apa saja yang harus dia lakukan.
7. Pengenalan Pola dalam Kehidupan Sehari-hari
Soal: Perhatikan kegiatan pagimu setiap hari sebelum berangkat sekolah. Temukan dan jelaskan pola aktivitasmu!
8. Abstraksi dalam Permainan
Soal: Dalam permainan "Ular Tangga", informasi apa saja yang bisa diabaikan saat membuat algoritma dasar permainannya?
9. Menyusun Algoritma
Soal: Buatlah algoritma untuk proses login ke akun email, dimulai dari membuka perangkat hingga berhasil masuk.
10. Refleksi Pemahaman
Soal: Menurutmu, mengapa penting bagi siswa untuk belajar berpikir komputasional di era digital ini? Berikan minimal 2 alasan dan penjelasannya.
0 komentar:
Posting Komentar