Rabu, 23 April 2025

Tugas Berfikir Komputasional Kelas 9

 1. Dekomposisi (Memecah masalah)

Soal: Kamu diminta untuk membuat aplikasi jadwal pelajaran sekolah. Uraikan langkah-langkah (dekomposisi) untuk menyelesaikan masalah tersebut!

2. Pengenalan Pola

Soal: Amati data berikut ini:

  • Senin: Matematika, IPA, Bahasa Indonesia

  • Selasa: Matematika, IPS, Bahasa Indonesia

  • Rabu: Matematika, IPA, Bahasa Inggris
    Apa pola yang kamu temukan dari data di atas?

3. Abstraksi

Soal: Dari aktivitas memasak mie instan, sebutkan informasi atau langkah-langkah apa saja yang tidak penting jika kamu ingin membuat algoritma umum tentang "memasak mie".

4. Algoritma (Urutan langkah)

Soal: Buatlah algoritma dalam bentuk pseudocode sederhana untuk memeriksa apakah suatu bilangan genap atau ganjil.

5. Kombinasi Semua Konsep

Soal: Seorang siswa ingin membuat program pengingat jadwal belajar. Jelaskan bagaimana berpikir komputasional dapat membantunya dalam:

  • a) Memahami masalah

  • b) Menyusun solusi

6. Soal Cerita – Dekomposisi

Soal: Dinda ingin mengatur ulang kamar belajarnya agar lebih nyaman digunakan. Gunakan konsep dekomposisi untuk menguraikan apa saja yang harus dia lakukan.

7. Pengenalan Pola dalam Kehidupan Sehari-hari

Soal: Perhatikan kegiatan pagimu setiap hari sebelum berangkat sekolah. Temukan dan jelaskan pola aktivitasmu!

8. Abstraksi dalam Permainan

Soal: Dalam permainan "Ular Tangga", informasi apa saja yang bisa diabaikan saat membuat algoritma dasar permainannya?

9. Menyusun Algoritma

Soal: Buatlah algoritma untuk proses login ke akun email, dimulai dari membuka perangkat hingga berhasil masuk.

10. Refleksi Pemahaman

Soal: Menurutmu, mengapa penting bagi siswa untuk belajar berpikir komputasional di era digital ini? Berikan minimal 2 alasan dan penjelasannya.

0 komentar:

Posting Komentar